Artikel Terbaru

Rabu, 30 November 2016

Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet

Aki merupakan sumber energi untuk menghidupkan mesin mobil pertamakali. Selain itu aki juga berfungsi sebagai sumber listrik bagi sistem kelistrikan pada mobil ketika mesin mobil mati. Karena apabila mesin sudah hidup, peran aki sepenuhnya sudah digantikan oleh charging system. 

Apapun merek aki yang kita gunakan sama saja, hal awet tidaknya adalah tergantung dari perawatannya. Jadi apabila kita menginginkan aki tidak cepat drop/rusak maka lakukanlah perawatan secara berkala, misalnya sebulan sekali, lalu bapa saja yang perlu diperhatikan ? Berikut Tips nya :
  
1. Periksa jumlah elektrolit aki - cara merawat aki mobil

Pemeriksa jumlah elektrolit aki. Caranya periksa air elektrolitnya, Bila dibawah garis lower level, maka elektrolit perlu ditambah. Elektrolit sangat penting dalam proses pengisian atau pengeluaran arus aki, bila jumlahnya kurang biasanya akan terdapat gangguan pada akinya. Yang paling sering ditemui adalah aki tekor tidak bisa distarter gara-gara elektrolit bateri habis.

 

 

2. Periksa terminal baterai (aki) - cara merawat aki mobil

Periksa terminal bateri. pastikan terminal bateri bebas dari karat, jamur atau terminalnya longgar. Bila berkarat atau berjamur bersihkan / Siramlah dengan menggunakan air panas. Sedangkan bila terminalnya kendor maka harus dikencangkan dan bila tidak memungkinkan bisa diganti dengan yang baru.

3. Panaskan mobil jika mobil jarang digunakan - cara merawat baterai mobil

Pada dasarnya semua aki atau baterai mobil pasti akan mengalami self discharge dimana kapasitas baterai akan berkurang dengan sendirinya walaupun tidak digunakan. Itulah mengapa kalau mobil dibiarkan selama berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan aki bisa tekor dan tidak kuat untuk menghidupkan mesin. Maka dari itu perlu dilakukan pemanasan mobil agar baterai terisi kembali oleh sistem pengisian. Cukup memanaskan mobil 15 menit setiap minggunya.

4. Periksa sistem pengisian - cara merawat aki mobil

Cara paling sederhana dalam memeriksa sistem pengisian adalah dengan melihat indikator pada baterai pada dashbord mobil, pada saat kunci kontak on mesin mati, maka gambar baterai akan menyala. Dan ketika mesin sudah hidup, maka gambar baterai akan mati. Bila mesin hidup, tetapi gambar baterai tetap hidup, maka terjadi permasalahan pada sistem pengisian. Silahkan lakukan servis sistem pengisian di bengkel favorit anda. Cara lain anda bisa melepas terminal negatif baterai pada saat mesin hidup, dan apabila mesin mati setelah terminal negatif dilepas maka sistem pengisian bermasalah. kalau masih hidup berarti sistem pengisian bekerja normal.

5. Jangan menghidupkan beban berat saat mesin mati - cara merawat baterai mobil

Hindari untuk menghidupkan beban berat seperti lampu kepala, tv, radio dan lain sebagainya dalam keadaan mesin mati dan dalam jangka waktu yang lama. Kapasitas baterai akan terkuras, lama-kelamaan aki akan tekor dan tidak mampu melakukan starter. Periksa sistem pengisian

6. Tune up secara rutin - cara merawat aki mobil

Cara alternatif untuk merawat baterai adalah dengan sering melakukan tune up rtin. Umumnya pada saat melakukan tune up, bateri atau aki mobil akan diperiksa dari mulai jumlah elektrolit, kondisi terminal dan lain sebagainya. Intinya baterai anda akan dirawat, sehingga akan lebih awet lagi.

7. Periksa kualitas aki - cara merawat baterai mobil

Untuk mendapatkan hasil yang akurat tentang kualitas suatu aki, perlu menggunakan alat yang namanya batteray load tester. Kalau sudah menggunakan alat ini, kualitas aki akan terlihat apakah masih baik, jelek atau buruk.
 
Itulah tips merawat aki mobil agar tetap awet, selamat mencoba dan semoga bermanfaat
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016