Artikel Terbaru

Senin, 07 November 2016

Benarkah Keringat Berlebihan Penyebab Dari Bau Badan?

Bau badan pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika berkumpul dengan rekan kerja, teman sekolah, atau ketika sedang berada di tempat umum. Bau badan tidak hanya mengganggu orang yang bersangkutan, melainkan juga orang yang berada di dekatnya. Sehingga dapat mengakibatkan seseorang tidak percaya diri saat tampil di publik.

Bau badan (bromhidrosis) adalah istilah yang digunakan pada setiap bau tidak menyenangkan yang keluar dari dalam tubuh manusia. Kebanyakan orang mengira bahwa bau badan disebabkan oleh keringat. Padahal keringat tidak mengeluarkan bau. 


Keringat yang keluar dari tubuh dihasilkan oleh dua kelenjar, yaitu :
  1. Kelenjar eccrine,Menghasilkan keringat bening yang tidak berbau, dan sebagian besar mengandung air dan garam.    

    Fungsinya :  Untuk menurunkan kondisi suhu tubuh pada waktu tertentu, misalnya sehabis olahraga atau ketika tubuh berada pada kondisi panas. 

    Contoh keringat dari kelenjar eccrine :  
    Keringat yang dikeluarkan oleh bayi, dan biasanya muncul di telapak kaki, tangan, punggung, dan dahi.
     
  2. Kelenjar apocrineTerdapat di daerah yang lembab dan ditumbuhi rambut, seperti ketiak, kemaluan, dan di dalam hidung yang bersifat aktif setelah masa pubertas pada seseorang. 

    Kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan    berminyak. Sebenarnya, cairan ini hanya berbau lemak. Akan tetapi, di setiap helai rambut terdapat satu apocrine dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses   pembusukan, ditambah dengan kurangnya menjaga kebersihan, maka timbul bau badan yang tidak sedap.

    Selain itu, bau badan juga dapat dipengaruhi oleh :
  • Hormon,  
    Stres atau emosi, mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan memengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih aktif dan produktif, sehingga memperparah masalah bau badan
  • Kegemukan 
    Seseorang yang memiliki tubuh gemuk, keringat yang keluar dari dalam tubuhnya sering kali terperangkap diantara lipatan-lipatan kulit, akhirnya akan memperparah bau badan
  • Makanan yang dikonsumsi. 
    Ketidakseimbangan mengonsumsi makanan dan minuman seperti mengonsumsi daging berlebihan, makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, makanan pedas, kopi, alkohol, gorengan, serta makanan berlemak lainnya secara berlebihan juga dapat menimbulkan bau badan tidak sedap.
      
    Cara yang paling aman dan hemat untuk menghilangkan bau badan : 
    • Harus selalu membersihkan badan terutama ketiak dengan sabun antiseptik setiap kali mandi. 
    • Membersihkan badan atau mandi 2 kali sehari secara teratur. 
    • Setelah mandi, keringkan dengn handuk, tisu atau lap kering dan bubuhkan bedak antiseptik. 
    • Selain itu, mulailah mengonsumsi buah, sayur, serta minum air putih yang banyak, karena dapat menjadikan keringat lebih encer. Dengan demikian, bau badan Anda yang tidak sedap akan berkurang. 
Nah, akhirnya ditemukan sudah jawabannya kan? bahwa bau badan itu ternyata disebabkan oleh :
  • Adanya bakteri dalam melakukan proses pembusukan, dan 
  • Kurangnya menjaga kebersihan.
Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016