Artikel Terbaru

Senin, 05 Desember 2016

Penemu Eskalator (Tangga Jalan)

Jesse W Reno


Eskalator yang sering kita temui di gedung-gedung besar seperti mall maupun perkantoran ini merupakan sebuah alat transportasi seperti tangga dengan bentuk vertikal. Bergerak secara otomatis ke atas maupun ke bawah dengan menggunakan bantuan motor listrik untuk alat penggeraknya. Eskalator sendiri berasal dari kata “skala” yang berarti langkah di sebuah elevator. Munculnya eskalator yang sering Anda temui di gedung besar tentunya tidak lepas dari seseorang yang bernama Jesse W Reno yang dikenal oleh dunia sebagai penemu dari esklator atau tangga berjalan ini.  

Penemuan Alat Angkut Eskalator oleh Jesse W Reno

Alat yang berupa sarana transportasi orang-orang dengan cara vertikal ini pertama kali didirikan oleh seorang ilmuwan asal Amerika yang bernama Jesse Wilfred Reno. Pada awalnya ketika jaman kuno hingga jaman pertengahan memasuki abad ke 13, manusia dan hewan dijadikan sebagai alat penggerak.

Hingga pada akhirnya tahun 1892 muncullah Jesse W Reno yang diketahui sebagai penemu eskalator yang mematenkan produknya dengan sebutan inclined elevator. Pria asal Amerika ini telah mencoba menerapkan produknya tersebut di Coney Island, Old Iron Pier dan New York.

Sebenarnya Reno bukanlah orang pertama yang pernah mematenkan produk eskalator namun pernah ada nama Nathan Ames yang berasal dari Saugus. Sayangnya rancangan milik ames tidak pernah direalisasikan. Hingga pada akhirnya diambil alih oleh Jesse W Reno.

Cara kerja eskalator ketika melakukan pendaratan adalah dengan cara membuat floor plate menjadi rata dengan lantai akhir. Lalu floor plate tersebut diberikan engsel dan berikan ruang agar bisa masuk ke dalam mesin yang berada di floor plate.  

desain jesse w reno
Untuk comb plate sengaja dibentuk sedikit miring ke bawah dengan desain gerigi yang tepat berada di celah anak tangga. Untuk trussnya atau biasa disebut dengan landasan penopang berguna untuk menjembatani antara ruang pendaratan di bagian atas dan bawah.

Pada bagian ujung truss terdapat penopang yang berasal dari bahan beton atau baja yang digunakan untuk menyandarkan ujung truss. Pada struktur lintasannya dibangun di dalam landasan penopang dengan tujuan agar bisa membawa rantai anak tangga yang ditarik melalui loop yang tidak berujung.

Setelah penemu eskalator – Jesse W Reno mematenkan produknya, pada tahun 1987 munculah nama Charles D Seebegers yang mengklaim dirinya sebagai penemu eskalator. Pada penemuan eskalator milik Jesse W Reno dan Charles memiliki perbedaan dimana pada eskalator ciptaan Reno hanya menggunakan ban berjalan yang tidak ada ujungnya.  

Eskalator Saat ini
Sedangkan penemuan milik Charles dilengkapi dengan alat pijakan kaki tangga. Lalu pada tahun 1899, Charles bergabung dengan perusahaan Otis. Dengan gabungnya Charles di perusahaan tersebut maka muncullah eskalator pertama yang dipasang untuk umum di Paris Exhibition pada tahun 1900.

Hingga kini eskalator yang sering kita jumpai di mall tersebut merupakan rancangan dari Charles D Seebegers. Namun dunia mengakui bahwa penemu pertama dari Ekslator atau tangga berjalan ini adalah Jesse W Reno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016