Artikel Terbaru

Rabu, 09 November 2016

Tips cara menggunakan gas elpiji dengan benar

http://dbanua-berbagi-toturial.blogspot.com/2016/11/bahaya-gas-elpeji-bagi-kesehatan.html
Gas Elpiji yang digunakan untuk keperluan memasak akan berdampak negatif apabila tidak mengetahui dan memperhatikan cara penggunaan yang benar. Berikut ini adalah beberpa tips / cara menggunakan gas elpiji dengan baik dan benar :

1. Membiasakan untuk menggunakan semua peralatan dari gas elpiji yang telah memiliki standarisasi keamanan SNI yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah misalnya selang, regulator dan sebagainya agar terhindar sedini mungkin dari kemungkinan bahaya gas elpiji.

2. Diwajibkan meletakkan kompor beserta tabung gas elpiji pada lokasi yang memiliki sirkualsi udara yang baik dan pada lantai yang kuat atau datar. Sebaiknya pintu dibuka lebar agar udara mengalami pergantian dan terhindar dari bahaya gas elpiji berupa bau menyengat akibat kebocoran yang menguap tidak bisa keluar.

3. Gunakan regulator pada katub tabung dengan tepat dan tidak terburu buru agar tidak mudah terlepas ketika kompor sedang digunakan untuk memasak. Knob regulator harus berada pada posisi kebawah.

4. Jangan biarkan selang mendapat tekanan dari benda berat atau tertindih apapun agar kinerja selang dalam mengalirkan gas kekompor tidak mendapat halangan.

5. Sebelum menggunakan kompor ada baiknya periksa sekali lagi apakah ada kebocoran pada regulator ke kompor atau ada yang tidak beres dengan kinerja selang dan sebagainya. Basuhlah bagian bagian yang dapat berpotensi mengalami kebocoran misalnya regulator dan selang. Jika air sabun tersebut muncul gelembung gelembung dan bau gas, Maka bisa dipastikan ada bahaya gas elpiji berupa kebocoran yang harus segera anda tangani.

6. Jangan menggunakan kompor gas lebih dari 4 jam. Waktu yang terlalu lama menyebabkan gas elpiji terus mengalami peningkatan suhu yang sebenarnya tidak baik bagi kondisi gas itu sendiri . Berilah jedah waktu untuk gas beristirahat agar ketika digunakan kembali kinerjanya tetap maksimal dan bahaya gas elpiji dapat dicegah secara dini.

7. Membiasakan diri untuk selalu mengontrol kondisi kompor dan gas elpiji agar ketika terjadi kebocoran diluar dugaan maka antisipasi untuk pencegahan ledakan dari gas elpiji dapat segera dikendalikan.

8. Rajin mempertahankan kondisi kompor dan lantai tetap dalam kondisi bersih. Ruangan dapur yang bersih dan tertata rapih secara psikologis dapat menggerakan pikiran bawah sadar seseorang untuk bergerak melihat kondisi kompor dan gas elpiji.

9. Gunakan sarung pentup atau masker mulut ketika sedang memasang regulator gas elpiji agar terhindar dari gas yang kemungkinan memiliki radiasi yang bisa masuk kerongga mulut dan hidung. Pada sebagian orang mengalami sakit jkepala dan mual setelah tanpa sengaja menghirup gas elpiji dalam jumlah yang sedikit saja.

10. Jika terjadi kebocoran segera bukalah regulator dan pindahkan gas keruangan terbuka atau pada tempat yang lapang dan jauh dari rumah. Agar bahaya gas elpiji bisa diminimaliskan maka hindari meletakkan tabung gas pada lokasi yang terdapat api dan listrik karena berpotensi menimbulkan ledakan dan kebakaran.http://halosehat.com/

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016