Artikel Terbaru

Jumat, 11 November 2016

Tips Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama



Saat ini laptop bukan lagi menjadi barang mahal. Hampir semua kegiatan para pelajar maupun pekerja menggunakan laptop sebagai salah satu alat bantunya. Selain itu, para vendor laptop pun memproduksi banyak produk dengan harga yang bervariasi, dari yang murah hingga mahal. Itu mengapa semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah membeli barang elektronik ini. Namun begitu, kehadiran laptop bukan tanpa kesulitan. Diantara Kita tentu sering merasakan baterai laptop yang cepat habis seiring lamanya penggunaan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kegiatan Kita sehari-hari. Oleh sebab itu, sebelum muncul kerusakan yang lebih parah, ada baiknya Anda mengetahui tips agar baterai laptop awet dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada pembahasan di bawah ini.
  1. Aktifkan mode hemat daya
Semua laptop sepertinya memiliki mode penghemat daya. Dengan modus ini, nantinya secara otomatis laptop akan melakukan pengaturan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan. Misalnya saja mengurangi pencahayaan, waktu tidur hingga wallpaper. Secara tidak langsung, Anda sudah membuat baterai lebih awet, karena penggunaannya yang tidak berlebihan
  1. Keluarkan disc
Jika pada laptop Anda terdapat drive disc, maka keluarkan kaset yang terdapat di dalamnya ketika tidak digunakan. Biasanya saat bermain game menggunakan kaset, Kita sering lupa untuk mengeluarkannya kembali. Padahal, disc akan tetap bergerak berputar dan menghabiskan daya baterai meskipun tidak digunakan.
  1. Dinginkan laptop
Pada banyak penelitian disebutkan bahwa paparan suhu yang panas dapat mengurangi umur baterai secara perlahan namun pasti. Oleh sebab itu, gunakanlan laptop pada keadaan udara yang normal. Anda juga dapat menggunakan kipas untuk membuat suhu laptop tetap dalam keadaan dingin.
  1. Perbaharui driver dan software
Biasanya driver dan software diperbaharui agar lebih ringan, nyaman serta efisien. Oleh sebab itu, semakin Anda rajin melakukan update maka penggunaan daya baterai akan lebih sedikit. Secara tidak langsung baterai akan lebih hemat dan berumur panjang.
  1. Hindari penggunaan saat pengisian
Charging baterai hingga penuh dan tidak dicabut mungkin tidak akan menjadi masalah, terlebih jika laptop Anda memang keluaran terbaru, dimana sistem dapat memotong arus listrik ketika baterai sudah dalam keadaan penuh. Namun begitu, hal tersebut tidak berefek jika Anda menggunakannya. Ketika baterai sedang diisi, maka penggunaan akan menyedot daya secara bersamaan. Hal tersebut membuat daya kembali berkurang, sehingga umur baterai pun secara tidak langsung akan berkurang lebih cepat.
  1. Gunakan selalu laptop Anda
Penelitian menyebutkan bahwa Anda harus menggunakan baterai setelah diisi dayanya sebanyak dua hingga tiga minggu sekali. Ketika baterai jarang digunakan, maka umurnya akan berkurang dan akan muncul banyak masalah pada keadaan fisik baterai, misalnya saja karat.
  1. Bersihkan baterai
Tips agar baterai laptop yang terakhir adalah dengan rajin membersihkan baterai. Fokuskan pembersihanpada kontak metal baterai, sehingga transfer daya dari baterai ke laptop akan lebih efisien. Anda dapat menggunakan handuk basah dengan tambahan sedikit alkohol.http://www.hargatekno.com/

Semoga bermanfaat !


http://dbanua-berbagi-toturial.blogspot.com/p/software_29.html
BACA JUGA

.........
.........
.........
........
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016