Artikel Terbaru

Sabtu, 19 November 2016

Qona'ah Itu Menentramkan

Kata qonaah berasal dari bahasa Arab yang berarti rela, suka menerima yang dibagikan kepadanya. Adapun secara istilah, qonaah adalah sikap menerima semua yang telah dikaruniakan Allah Swt kepada kita. Dapat pula dikatakan bahwa qana’ah ialah sikap perilaku menerima dan menggunakan suatu pemberian Allah Swt sesuai dengan ketentuan Allah Swt dan kebutuhan kita

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/10/pengertian-qonaah-dan-bentuknya.html
Terima kasih sudah berkunjung.
Kata qonaah berasal dari bahasa Arab yang berarti rela, suka menerima yang dibagikan kepadanya. Adapun secara istilah, qonaah adalah sikap menerima semua yang telah dikaruniakan Allah Swt kepada kita. Dapat pula dikatakan bahwa qana’ah ialah sikap perilaku menerima dan menggunakan suatu pemberian Allah Swt sesuai dengan ketentuan Allah Swt dan kebutuhan kita

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/10/pengertian-qonaah-dan-bentuknya.html
Terima kasih sudah berkunjung.
Kata qonaah berasal dari bahasa Arab yang berarti rela, suka menerima yang dibagikan kepadanya. Adapun secara istilah, qonaah adalah sikap menerima semua yang telah dikaruniakan Allah Swt kepada kita. Dapat pula dikatakan bahwa qana’ah ialah sikap perilaku menerima dan menggunakan suatu pemberian Allah Swt sesuai dengan ketentuan Allah Swt dan kebutuhan kita.

Salah seorang tokoh bijak bestari berkata:
“Keceriaan dunia saat kau merasa qonaah dengan rizki yang ada padamu. Mendung menyelimuti dunia saat kau memendungkan jiwamu dengan rizki yang tidak ada padamu”.
Qonaah adalah rido dengan apa yang sudah Alloh berikan, walaupun sedikit dan tidak menoleh kepada bagian yang dimiliki orang lain.  Sikap qonaah adalah anugerah yang Alloh swt berikan kepada orang mukmin yang jujur dan serius dengan amal solehnya.

Alloh Subhanahu wata’ala  berfirman:
“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dan dia adalah seorang mukmin, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”(Qs. An-Nahl [16]: 97)
 
Menurut Ali bin Tholib rda dan al-Hasan al-Basri, arti “hayatan toyyibah” [kehidupan yang baik] adalah “jiwa qonaah ”. Di antara doa yang dipanjatkan oleh kaum muslimin adalah doa mendapatkan kebaikan di dunia dan di akherat.

Alloh Subhanahu wata’ala  berfirman:
“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka”.(Qs. Al-Baqoroh [2]: 201)
 
An-Nasafi dalam kitabnya “Madarik at-Tanzil” mengatakan: “Kebaikan di dunia dan di akhirat mencakup: mendapatkan maaf Alloh dan ampunannya, atau mendapatkan harta dan surga, atau mendapatkan pujian makhluk dan keridoan Alloh Subhanahu wata’ala, atau memiliki iman dan mendapatkan rasa aman, atau memiliki keikhlasan dan mendapatkan pembebasan dari api neraka, atau hidup dalam sunnah dan mendapatkan surga, atau memiliki jiwa qona'ah dan mendapatkan syafaat”.

Qonaah juga merupakan ciri kehidupan orang-orang abror (kaum mukmin yang berbakti). Alloh Subhanahu wata’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam Na`im (surga yang penuh kenikmatan)” (Qs. Al-Infitor [83]: 13)

Salah satu tafsir yang dikemukakan oleh ar-Rozi dan an-Naisaburi tentang na`im (kenikmatan) dalam ayat ini adalah kenikmatan dunia dengan memiliki jiwa qona'ah. Rosululloh saw menggolongkan orang yang memiliki jiwa qonaah sebagai muslim yang akan meraih keberuntungan. Abdulloh bin `Amr bin al-`Ash rda meriwayatkan bahwa Rosululloh Shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda: “Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rizki secukupnya dan Alloh menganugrahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezki yang Alloh berikan kepadanya”.(Hr. Muslim (no. 1054)
 
Hadis yang mulia menunjukkan besarnya keutamaan seorang muslim yang memiliki sifat qana’ah, karena dengan itu semua dia akan meraih kebaikan dan keutamaan di dunia dan akhirat, meskipun harta yang dimilikinya sedikit. Sifat qana’ah adalah salah satu ciri yang menunjukkan kesempurnaan iman, karena sifat ini menunjukkan keridhaan orang yang memilikinya terhadap segala ketentuan dan takdir Alloh, termasuk dalam hal pembagian rizki.
 
Rosululloh Subhanahu wata’ala  bersabda,
“Akan merasakan kemanisan (kesempurnaan) iman, orang yang ridha kepada Alloh Ta’ala sebagai Tuhan-nya dan Islam sebagai agamanya serta Muhammad sebagai rasulnya”.(Hr. Muslim (no. 34))

Sedangkan yang dimaksud dengan rizki dalam hadis ini adalah rizki yang diperoleh dengan usaha yang halal, karena itulah yang dipuji dalam Islam. Arti sabda beliau: “…yang secukupnya” adalah yang sekedar memenuhi kebutuhan, serta tidak lebih dan tidak kurang, inilah kadar rizki yang diminta Rosululloh saw kepada Alloh untuk keluarga beliau , sebagaimana dalam doa beliau: “Ya Alloh, jadikanlah rizki (yang Engkau limpahkan untuk) keluarga Muhammad Qutan.”(Hr. al-Bukhari (no. 6095) dan Muslim (no. 1055).
 
Arti qutan adalah rizki yang sekedar bisa memenuhi kebutuhan hidup/seadanya. Rosululloh Shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda, “Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya kemewahan dunia (harta), akan tetapi kekayaan (yang hakiki) adalah kekayaan (kecukupan) dalam jiwa (hati).”(HR. al-Bukhari (no. 6081) dan Muslim (no. 120)

Dalam hadis lain, Rosululloh Shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda: “…Ridolah (terimalah) pembagian yang Alloh tetapkan bagimu maka kamu akan menjadi orang yang paling kaya (merasa kecukupan).”(HR. at-Tirmidzi (no. 2305) dan Ahmad (2/310))

Al-Munawi rhm mengatakan: “Maksudnya kekayaan terpuji itu bukan banyak harta dan perabotan. Sebab, banyak sekali orang dibuat kaya oleh Alloh, namun kekayaannya yang banyak itu tidak bermanfaat baginya dan ia berambisi menambah kekayaannya, tanpa peduli dari mana sumbernya. Ia seperti orang miskin, karena begitu kuat ambisinya. Orang ambisius itu miskin selama-lamanya. Tapi, kekayaan terpuji dan ideal menurut orang-orang sempurna adalah kekayaan hati. Di riwayat lain, kekayaan jiwa. Maksudnya, orang yang punya kekayaan jiwa merasa tidak membutuhkan jatah rizkinya, tanpa memburu dan memintanya dengan menekan. Barangsiapa dijaga jiwanya dari kerakusan, maka jiwanya tentram, agung, mendapatkan kebersihan, kemuliaan dan pujian. Itu semua jauh lebih banyak ketimbang kekayaan yang diterima orang yang miskin hati. Kekayaan membuat orang yang miskin hati terpuruk dalam hal-hal hina dan perbuatan-perbuatan murahan, karena kecilnya obsesi yang ia miliki. Akibatnya, ia menjadi orang kerdil di mata orang, hina di jiwa mereka dan menjadi orang paling hina”.

Jika seseorang punya harta hingga berjuta-juta, atau milyaran, bahkan triliunan, namun ia tidak qona`ah dengan rizki yang diberikan Alloh swt kepadanya, maka ia hidup terengah-engah seperti binatang buas dan menjadikan hartanya sebagai tuhan baru. Sungguh, ia orang miskin sejati, karena orang miskin ialah orang yang selalu tida punya harta dan senantiasa merasa membutuhkannya.
 
Dikisahkan, seseorang berkata kepada orang zuhud, Ibrahim bin Ad-ham: 

  • Orang itu berkata: “Saya berharap anda mau menerima jubbah dariku ini”. 
  • Ibrahim bin Ad-ham berkata: “Kalau anda kaya, saya mau menerima hadiah ini. Jika anda miskin, Saya tidak mau menerimanya”.  
  • Orang itu berkata: “Saya orang kaya”
  • Ibrahim bin Ad-ham bertanya: “Anda punya jubbah berapa?” 
  • Orang itu menjawab: “2000 jubah”. 
  • Ibrahmi bin Ad-ham kembali bertanya: “Apakah anda masih ingin memiliki 4000 jubah?” 
  • Orang itu menjawab: “Ya tentu”.  
  • Ibrahim bin Ad-ham berkata: “Kalau begitu anda miskin (karena masih memburu jubbah lebih banyak lagi). Saya tidak mau menerima hadiah jubbah dari mu”.
(Al-Bidayah wan Nihayah: 10/138)
Sa`ad bin Abi Waqqos rda pernah berkata kepada putranya:
“Wahai anakku, jika engkau mencari kekayaan, carilah dalam qona'ah, karena qonaah adalah harta yang tak pernah punah. Hati-hati dengan sikap tamak, karena sikap tamak adalah kefaqiran yang akan datang.”.

Seorang Arab desa pernah bertanya kepada Penduduk Basrah,  
Seorang Arab desa : “Siapa pemimpin desa ini?”  
Mereka menjawab: “al-Hasan”. 
Orang Arab desa itu bertanya lagi: “dengan apa dia mampu menguasai penduduk desa ini?” Mereka menjawab: “Masyarakat sangat butuh dengan ilmunya, sedangan dia tidak butuh terhadap dunia yang dimiliki masyarakatnya.”
Wallahu’alam..http://www.hasmi.org/qonaah-itu-menenteramkan/  

Bentuk-bentuk Qonaah
  1. Selalu ikhlas menerima kenyataan hidup. 
  2. Tidak banyak berangan-angan. 
  3. Tidak bersikap iri terhadap kenikmatan yang diterima orang lain. 
Contonya : 
1) Sudah cukup merasa senang walaupun ke sekolah dengan berjalan kaki. 
2) Merasa cukup dengan kondisi yang pas-pasan, asalkan mampu menyekolahkan anaknya.
Nilai Positif Qonaah. 

  1. Terhindar dari sifat tamak.  
  2. Dapat merasakan ketenteraman hidup karena merasa cukup atas karunia Allah Swt yang dianugerahkan kepada dirinya. 
  3. Mendapat jaminan tambahan nikmat dari Allah Swt dan terhindar dari ancaman siksa yang berat. 
Cara Membiasakan Diri Bersifat Qonaah. 
  1. Sering memperhatikan orang-orang yang lebih miskin daripada kita. 
  2. Tidak sering memerhatikan orang yang lebih kaya agar kita tidak merasa kurang. 
  3. Membiasakan diri berlaku hemat. 
  4. Biasakan bersikap ikhlas. 
  5. Hindari kebiasaan berangan-angan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016