Artikel Terbaru

Selasa, 08 November 2016

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

carasumber.com  Kandungan Gizi dalam Tauge
Vitamin E cukup banyak terkandung dalam tauge, Tauge diyakini dapat menjaga sel-sel telur dan sperma dari hal-hal yang dapat membuatnya menjadi rusak. Salah satu hal yang dapat mengganggu kualitas sperma dan sel telur adalah radikal bebas. Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan sel sperma laki-laki, jadi mengkonsumsi tauge dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Tauge berasal dari tumbuhan kacang hijau, memiliki manfaat yang baik dari kacang hijau.

Kandungan serat dalam Tauge juga baik untuk membantu memperlancar sistem pencernaan anda. Rutin mengkonsumsi tauge dapat membuat tubuh anda menjadi langsing. Tauge memiliki manfaat lebih dari itu bagi perempuan. Mengkonsumsi tauge dapat mengurangi resiko kanker payudara bagi perempuan, penyakit sebelum menstruasi, dan menjauhkan dari gangguan menopause. Tauge juga mengandung estrogen yang dapat mempertahankan kepadatan tulang serta berguna untuk melawan penyakit kanker.

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

Tauge sering digunakan sebagai sayuran serbaguna, misalnya untuk membuat sup, sayuran dan tumis yang dapat dipadukan dengan beberapa menu lainnya. Mengkonsumsi tauge tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, namun juga memberikan komponen yang diperlukan bagi tubuh, baik itu dari sisi kesehatan hingga kecantikan.

Manfaat Tauge untuk Kesehatan beberapa diantaranya berikut:


Menjaga Agar Tetap Awet Muda
Tampil dengan gaya muda adalah salah satu impian wanita, meski usia sudah terbilang tidak muda lagi. Untuk mendapatkan sisi muda bisa diperoleh dengan mengkonsumsi tauge mentah dalam kondisi yang telah dicuci bersih. Sebab, dalam tauge tersimpan antioksidan yang berperan dalam memperlambat penuaan dini. Yakni dengan memberikan perlindungan terhadap tubuh dari radikal bebas, sehingga tidak hanya cantik, namun juga sehat alami.

Manfaat Kecantikan Bagi Wanita
Untuk para wanita yang ingin tampil cantik secara alami, tauge merupakan salah satu bahan yang harus digunakan. Karena tauge ini dapat dipergunakan untuk beberapa hal, seperti menghilangkan jerawat dan bekas luka, memelihara dan menjaga kesehatan rambut, menghaluskan kulit wajah serta tangan, dan meremajakan kulit.

Meningkatkan Kesuburan
Kondisi subur pada pria dan wanita membuatnya lebih mudah untuk memiliki anak. Dan peran vitamin E dalam tauge ini memberikan kesuburan yang lebih baik bagi pria dan wanita. Selain itu, tauge membantu wanita yang mengalami gangguan haid, pra-menstruasi, menopause dan premenopause.

Menjaga Tingkat Normal Asam Lambung
Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan risiko lebih parah, yang dapat menyebar pada kerusakan sistem organ tubuh yang lain. Bahkan dalam kondisi seperti itu seseorang yang melakukan diet tidak bisa secara optimal meyembuhkannya karena akan terjadi iritasi pada lambung jika salah makan. Dalam kondisi seperti ini, anda dapat mengkonsumsi tauge sebagai penetral asam dalam perut. Kandungan yang dimiliki oleh tauge mampu mempertahankan tingkat normal asam lambung selalu seimbang.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh
Tauge memiliki unsur yang disebut saponin, zat ini dapat digunakan sebagai perusak kolesterol jahat tanpa mengganggu kolesterol baik. Tauge mampu menghancurkan lemak yang berlebih dalam tubuh yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Selain itu, sebagai perusak lemak, tauge dapat digunakan sebagai asupan untuk menu program diet sehat.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tauge memiliki senyawa alami yang disebut estrogen, elemen ini akan bertindak sebagai proses sintesis alami tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, estrogen dapat digunakan sebagai zat yang dapat memperkuat tulang dan membuatnya tetap sehat. Mengkonsumsi tauge juga cocok bagi mereka yang ingin menghindari osteoporosis atau keropos tulang. Bisa juga digunakan sebagai ramuan alami tanpa efek samping.

Cara Menanam Tauge?
Anda bisa mendapatkan tauge dengan mudah dari pedagang sayur. Harganya cukup terjangkau. Namun apakah kita dapat selalu memperoleh tauge dalam keadaan yang segar ? Atau sudah layu ? Untuk mendapatkan tauge dalam keadaan yang segar dengan kualitas yang terjamin, tidak ada salahnya jika anda mulai mencoba untuk menanam sendiri. Penanaman tauge tidak sulit, cara ini terbilang cukup sederhana. 
Untuk mendapatkan tanaman tauge, anda memerlukan setidaknya beberapa kacang hijau, air yang cukup, nampan, dan kapas. Setelah semua bahan siap, Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi sebagai makanan. Menu makanan ini juga sering disebut dengan kecambah, memiliki kandungan khusus seperti kandungan antioksidan, senyawa fitokimia, vitamin A, C dan E. Begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam tauge yang berukuran kecil.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan tanaman tauge:

  1. Cuci kacang hijau sampai bersih, kemudian direndam selama 24 jam. Jika air berubah menjadi berbusa, segera ganti dengan air yang baru. 
  2. Siapkan nampan. Tutup seluruh permukaan nampan dengan kapas sampai tertutup rapat, kemudian siram dengan air. Jangan menyiram terlalu banyak atau terlalu sedikit. 
  3. Jauhkan nampan yang sudah berisi kacang hijau dari tempat yang terkena sinar matahari. 
  4. Simpan selama 3-5 hari. Selam itu biarkan kacang hijau terkena sinar matahari. Tapi usahakan kapas jangan sampai mengering. Pastikan kapas selalu basah, segera tambahkan air setiap saat sehingga kacang hijau tidak kekurangan air untuk tumbuh. 
  5. Tauge akan muncul dan siap dipanen setelah 3 hari.

 =============
BACA JUGA  Toturial Facebook                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016