Artikel Terbaru

Selasa, 08 November 2016

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit


http://dbanua-berbagi-toturial.blogspot.com/2016/11/manfaat-buah-pisang-bagi-kesehatan-dan.html

Sangat banyak manfaat kesehatan yang dapat kita dapatkan dari buah yang memiliki warna kuning ini. Buah ini begitu mudahnya kita temukan dan sudah menjadi buah favorit khususnya bagi kita orang indonesia, buktinya begitu mudah kita temukan tanaman buah pisang di berbagai pelosok daerah di negara kita. Buah pisang sendiri sangat pas kita konsumsi secara langsung maupun kita padukan dengan menu masakan lain sehingga tak sedikit hasil kreasi masakan kita peroleh dari bahan buah pisang.

Buah dengan warna kuning yang memiliki segudang gizi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ini rupanya tidak hanya memiliki penggemar di Indonesia saja. Menurut survei buah pisang ini tersebar di kurang lebih 107 negara didunia ini. Hal ini membuktikan begitu besar konsumsi orang didunia pada buah dengan rasa manis ini. Bukan hanya karena kelezatannya saja mereka mengkonsumsi buah ini tapi mereka tau ternyata di dalam buaah ini terdapat berbagai kandungan gizi yang mampu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit yang berbahaya misalnya, untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, sakit asma, menjaga tubuh agar terhindar dari serangan kanker dan masih banyak lagi. 

Kandungan yang ada di dalam buah pisang, adalah :

    - Vitamin B6 – 0,5 mg
    - Mangan – 0,3 mg
    - Vitamin C – 9 mg
    - Kalium – 450 mg
    - Serat – 3g
    - Protein – 1 g
    - Magnesium – 34 mg
    - Folat – 25.0 mcg
    - Riboflavin – 0,1 mg
    - Niacin – 0,8 mg
    - Vitamin A – 81 IU
    - Besi – 0,3 mg

Sedangkan anjuran dalam mengkonsumsi buah pisang bagi orang dewasa adalah 4700 miligram dalam satu hari. Satu buah pisang dengan ukuran tanggung kurang lebih memiliki berat sekitar 125 gram didalamnya terkandung kurang lebih 1 gram protein, 30 gram karbohidrat dan 110 kalori.

BEBERAPA MANFAAT YANG DIBERIKAN BUAH PISANG BAGI KESEHATAN
 
 1. Memperlancar dan Menjaga Sirkulasi Darah
Buah pisang memiliki beberapa kandungan yang sangat baik menjaga peredaran darah salah satunya adalah potasium, dengan adanya kandungan ini maka aliran darah dalam tubuh manusia dapat terjaga dengan baik jika kita rutin mengkonsumsinya. Juga kalium yang dapat membantu dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh, sehingga akan mengurangi resiko seseorang mengalami penyakit stroke dan gejala penyakit jantung.

2. Membantu Memperlancar Pencernaan
Seseorang yang kesehariannya kurang mengkonsumsi serat akan mengalami susah buang air besar, dan untuk mengobatinya biasanya akan diarahkan pada obat-obatan yang bersifat instan namun memiliki efek negatif bagi kesehatan. Seseorang yang rutin mengkonsumsi buah pisang tidak akan takut susah buang air besar sebab didalam buah ini terkandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh didalam membantu proses pencernaan. Sehingga pencernaan dapat berjalan dengan lancar, sarisari makanan terserap oleh tubuh dan sisa pencernaan keluar berupa feces. Buah pisang sendiri juga mengandung komponen penting yang dapat mencegah inflamasi pada usus, oleh karena itu penting mengkonsumsi buah pisang secara rutin agar terhindar dari kanker usus.

3. Menjaga Kinerja Jantung
Memasukkan buah pisang dalam menu sarapan kamu sudah sangat tepat. Beberapa nutrisi penting yang terkandung didalamnya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan organ yang sangat vital yang tak lain adalah jantung. Kalium adalah elektrolit yang sangat penting bagi tubuh dan pisang memilikinya dalam kadar yang cukup banyak, kalium akan diserap oleh tubuh melalui dinding-dinding usus yang selanjutnya akan larus bersama sel-sel tubuh. Rangkaian proses ini akan selalu terjadi pada tubuh manusia yang dapat mendukung organ jantung tetap berdetak sesuai iramanya.

Dalam kasus tertentu organ jantung dapat mengalami gannguan sehingga organ ini berdetak secara tidak teratur saat tubuh sangat kekurangan elektrolit kalium. Dalam kasus yang begitu parah bisa mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A adalah komponen penting yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata, begitu banyaknya vitamin A didalam buah pisang menjadikan buah ini sangat cocok sebagai buah favorit untuk di konsumsi. Keberadaan vitamin A yang mudah larut dalam lemak sangat dibutuhkan untuk menjaga membran mata yang berada mengelilingi mata, vitamin A yang berada dalam buah ini juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membawa cahaya menuju kornea. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur artinya kita dapat mencukupi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh mata sehingga mata dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari resiko kebutaan.

MANFAAT BUAH PISANG UNTUK MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT


Buah pisang yang kaya akan nutrisi dapat menjadi alternatif positif dan menyehatkan untuk mengobati beberapa jenis penyakit dibawah ini:

1. Sakit Anemia
Zat besi yang terkandung dalam buah pisang sangat efektif untuk membantu mengobati kurang darah, konsumsilah secara teratur 2 buah pisang setiap hari.

2. Penyakit Asma
Imperial College London telah melakukan penelitian yang sangat penting dan menemukan bukti jika anak-anak yang rutin mengkonsumsi 1 buah pisang setiap hari, mereka akan beresiko lebih kecil 37% mengidap penyakit asma.

3. Penyakit Liver
Buah pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi dan vitamin penting yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit liver dengan mengkonsumsinya secara rutin.

4. Penyakit Diabetes

Buah pisang adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan seratnya. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita diabetes type satu yang mengkonsumsi serat secara teratur akan memiliki kadar glukosa darah yang rendah dan dapat membantu meningkatkan kadar insulin.

5. Penyakit Diare
Mengkonsumsi buah pisang sangat dianjurkan saat anda terserang penyakit diare, hal ini penting karena ketika seseorang terkena penyakit diare maka dia akan kehilangan elektrolit kalium dalam jumlah yang besar, dan buah pisang adalah buah yang banyak memiliki kandungan kalium

6.Depresi 
 
Berdasarkan survei yang dilakukan di antara pasien penderita depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah memakan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung trytophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat membantu rileks dan memperbaiki mood lebih baik dan membuat seseorang bahagia. 

7.Anemia 
 
Tingginya zat besi pada pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia. Kalium yang ada pada pisang sangat tinggi namun rendah garam, sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan tekanan darah dan risiko stroke. 

8.Meningkatkan daya otak 
 
Penelitian menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Konsumsi pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang membantu meningkatkan kekuatan otak, terutama pada anak-anak. 

9.Sembelit 
 
Kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat membantu menormalkan kembali pencernaan. Pisang baik untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang juga satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa mengganggu sistem pencernaan dan mampu menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut. 

10.Mabuk 
 
Jika Sahabat Ummi merasa mual karena mabuk, buatlah milkshake campuran pisang, madu, dan susu. Buah pisang  mampu meredakan perut mual ditambah madu yang dapat meredakan kadar gula. Sedangkan susu akan menenangkan dan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. 

11.Morning sickness 
 
Ngemil pisang di antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menjauhkan ibu hamil dari morning sickness. 

12.Gigitan nyamuk 
 
Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke area yang sering dihinggapi nyamuk. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi. 

13.Saraf
 
Pisang mengandung vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf kita. Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering memilih menyantap cokelat atau keripik, yang justru dapat menyebabkan munculnya penyakit. Lebih baik konsumsi cemilan pisang atau buah-buahan lain yang mengandung vitamin dan tidak menyebabkan penyakit. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016