Artikel Terbaru

Senin, 21 November 2016

Jenis Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan merupakan salah satu faktor penting dalam kehamilan. Ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih makanan karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Makanan untuk ibu hamil harus senantiasa mengandung nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral.

Salah satu sumber makanan sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu ikan. Kandungan protein dan asam lemak tak jenuh pada ikan sangat efektif untuk membantu tumbuh kembang janin. Lalu apa saja jenis ikan yang baik untuk ibu hamil? Pada dasarnya ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil harus terbebas dari merkuri serta mengandung asam lemak omega-3 cukup tinggi.

Berikut Jenis Ikan Untuk Ibu Hamil


  1. Ikan Teri

Teri termasuk salah satu jenis ikan yang berukuran kecil. Namun tahukah Anda bahwa ikan yang satu ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jenis ikan yang lainnya. Kandungan nutrisi ikan teri sangat baik untuk kesehatan , terutama ibu hamil. Ikan teri mengandung zat besi, posfor, vitamin, protein dan beberapa mineral penting lainnya. Kalsium pada ikan teri berguna untuk membantu pembentukan/pertumbuhan tulang dan gigi janin. Disamping itu teri termasuk kategori ikan yang rendah merkuri sehingga aman untuk ibu hamil.
  1. Ikan mas

Ikan mas sangat popular dan banyak di jual di pasaran ataupun di rumah makan. Ikan mas aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena rendah merkuri. Biasanya ikan mas hidup di air bersih dan bebas dari pencemaran limbah. Kandungan gizi ikan mas yaitu protein, lemak baik, vitamin, posfor dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin.

  1. Ikan lele

Lele adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Kandungan gizi ikan lele diantaranya yaitu protein dan lemak baik dan protein yang bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. lele juga mengandung posfor yang merupakan mineral penting untuk menunjang pembentukan tulang janin. Selain itu, kalium pada ikan lele berfungsi dalam menjaga kesehatan darah dan mengatur irama detak jantung ibu hamil.

  1. Ikan sarden

Kandungan protein ikan sarden sangat tinggi. Ikan jenis ini tergolong rendah merkuri sehingga aman untuk ibu hamil. Ikan sarden biasanya dikemas dalam bentuk kalengan sehingga Anda harus selektif dalam memilihnya. Hindari ikan kalengan dengan kandungan sodium karena bisa membahayakan kehamilan.

  1. Ikan salmon

Salmon merupakan ikan terbaik untuk ibu hamil dan janin. Ikan jenis ini tergolong rendah merkuri dan kaya akan nutrisi. Nutrisi terbaik yang terdapat pada salmon yaitu omega-3 seperti EPA dan DHA. Zat gizi tersebut berguna untuk pertumbuhan neurologis janin. Omega-3 berperan penting dalam mengoptimalkan pembentukan otak dan kecerdasan anak sejak dalam kandungan.http://www.solusisehatku.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, dan mohon komentar yang bersifat membangun / positif !

Dirancang Oleh dbanua.com Berbagi Itu Indah 2016